Taj Mahal – Keajaiban Arsitektur dan Sejarah yang Luar Biasa di Agra, India

Taj Mahal India

Taj Mahal – Agra, India

Darkwoods – Taj Mahal telah berhasil masuk ke dalam deretan 7 keajaiban dunia terbaru. Situs yang menjadi ikon India ini telah dianggap sebagai mahakarya arsitektur, makam marmer putih di abad ke-17 yang memikat hingga kurang lebih delapan juta wisatawan per tahunnya.

Sejarah Taj Mahal

Taj Mahal dibangun oleh Kaisar Mughal, Shah Jahan, sebagai tanda cinta abadi untuk istrinya, Mumtaz Mahal, yang meninggal saat melahirkan anak ke-14 mereka. Konstruksi Taj Mahal dimulai pada tahun 1632 dan selesai pada tahun 1653. Dibutuhkan waktu lebih dari 20 tahun dan ribuan pekerja untuk menyelesaikan bangunan ini.

Keunikan Arsitektur

Taj Mahal adalah contoh sempurna dari arsitektur Mughal yang menggabungkan gaya Persia, Islam, dan India. Bangunan ini terbuat dari marmer putih yang indah dan dihiasi dengan ornamen-ornamen yang rumit. Kubah besar yang menjulang tinggi menjadi ciri khas Taj Mahal, dengan empat menara di setiap sudutnya.

Salah satu keunikan arsitektur Taj Mahal adalah simetri yang sempurna. Bangunan ini dirancang agar terlihat sama indahnya dari setiap sudut pandang. Bahkan, jika Anda berdiri di salah satu menara, Anda dapat melihat pantulan Taj Mahal di kolam yang ada di depannya.

Fakta Menarik

Taj Mahal memiliki beberapa fakta sejarah yang unik dan menarik. Salah satunya adalah bahwa bahan-bahan yang digunakan untuk membangun Taj Mahal berasal dari berbagai tempat di India dan negara-negara lain. Marmer putih berasal dari Rajasthan, jasper dari Punjab, safir dari Sri Lanka, dan batu permata lainnya dari berbagai bagian dunia.

Selain itu, Taj Mahal juga memiliki efek optik yang menarik. Jika Anda mengamati dengan seksama, Anda akan melihat bahwa ukuran dan proporsi bangunan ini tampak berbeda tergantung pada sudut pandang Anda. Hal ini disebabkan oleh desain yang cerdik dan penggunaan perspektif optik.

Taj Mahal juga memiliki keunikan dalam hal pencahayaan. Pada saat matahari terbit dan terbenam, bangunan ini tampak berbeda warnanya. Saat matahari terbit, Taj Mahal terlihat berwarna merah muda, sedangkan saat matahari terbenam, bangunan ini terlihat berwarna keemasan.

Terakhir, Taj Mahal juga memiliki taman yang indah di sekitarnya. Taman ini dirancang dengan sangat rapi dan memiliki jalur-jalur yang simetris. Di tengah taman terdapat kolam yang menghadap langsung ke Taj Mahal, menciptakan pemandangan yang memukau.

Kesimpulan

Taj Mahal adalah salah satu keajaiban dunia yang memikat dengan keindahan arsitektur dan sejarahnya. Dengan keunikan dalam desain, pencahayaan, dan taman yang indah, Taj Mahal terus menjadi daya tarik utama bagi wisatawan dari seluruh dunia. Mengunjungi Taj Mahal adalah pengalaman yang tak terlupakan dan memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang kekayaan budaya India.

Sumber : Taj Mahal – Agra, India

Baca juga : Menembus Langit Sumatera Barat! Menikmati Keajaiban Jembatan Gantung Terpanjang Dengan Pemandangan Yang Indah Dan Rahasia Kemakmuran Desa Yang Tersembunyi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *